Tuesday, August 25, 2020

Aku Mau Jadi Pablo Escobar

 Saya sangat senang sekali nonton film - film yang berbau kepemimpinan. Beberapa tokoh dalam yang menurut saya sangat menginspirasi.

1, Legolas

The Lord Of The Rings

Memanah menurut saya memang olahraga yang menarik. Saya biasa ikut memanah tradisional atau biasa disebut jemparing. Di Jogja banyak komunitas jemparing, saya bergabung ikut belajar di paguyuban jemparing Siliran dan paguyuban panah Stadion Sultan Agung. Saya lebih senang tokoh Legolas di film The lord Of The Rings, padahal tokoh utama diu film tersebut si Frodo dan Aragon. Legolas menginspirasi saya karena sosoknya yang cool, tenang, tidak mau Show dan yang jelas ber-wibawa apalagi ketika busur di mainkannnya.

2. Vito Corleon 

Film The Godfather merupakan film ber Genre Action Mafia yang fenomenal dan belum beberapa nominasi belum ada film dengan Genre yang sama melebihi The Godfather. Corleon seorang Kepala 

Vito Corleon di Film The GodFather

Mafia di America, banyak tulisan - tulisan yang mengupas sisi menariknya Corleon, sikap kepemimpinannya patut ditiru. Sikap selalu tenang dari seorang aristokrat dalam berdiplomasi, Mengetahui  sebenar-benarnya peta masalah dan perpolitikan sehingga sangat sigap dan tepat dalam bersikap, sikapnya yang selalu tenang meskipun bahaya mengancam, sangat mengetahui karakter dari musuhnya, keluarganya dan anak buahnya. Strategi dalam segala hal jelas sangat dibutuhkan, dan mengelola anak buah dan jaringan relasi merupakan pekerjaan yang menuntut kita harus menjadi orang yang bijaksana. 

pablo ercobar di Narcos film
Narcos Film 

3. Pablo Escobar                 

Pablo Escobar lahir dari kaum Marginal karena memang negara Columbia waktu itu memang negara miskin. Strategi dan semangat Escobar sangat perlu ditiru, mengelola anak buah bahkan menjaga hubungan dengan beberapa sahabat dan rekan kerjanya termasuk Gustavo dll. Escobar tau orang - orang yang berkhianat, selalu mencari tau siapa musuh- musuhnya bahkan seluk beluk latar belakang anak musuhnya escobar mengetahui. Saya nonton film berjudul Narcos, kita memang disuguhi detail perjalanan ke perjalanan nya Escobar karena film ini serial dan sangat panjang.



4. Gengis Khan

The Rise Of Gengis Khan film

Siapa yang tidak Tahu Gengis Khan, orang yang mengangkat derajat kaum Mongol yang Bar-bar menjadi Imperium besar. Sifatnya yang tangguh, kuat, mau berjuang, Faham adat budaya, Konsisten dan Konsequen, tahan kesengsaraan dan tahan sakit sangat perlu ditiru.  Dan sesuatu yang Jarang difahami manusia yang tentang "diperjalankan" atau istilah umumnya pasrah dengan kuasa Tuhan. Perang demi perang, penyiksaan demi penyiksaan dialami oleh Temuchin (nama asli Gengis Khan) namun keyakinannya kepada Tuhannya (transenden) menjadikan dia selalu selamat dan berani bangkit.

Saya bukan termasuk orang yang maniak sekali dengan film. namun saya sangat memilih film yang mau saya tonton. beberapa film saya riview dulu dari sinopsisnya, rating penontonnya dan yang jelas Genre nya. Saya tidak suka film horor, film horor membuat kita menjadi penakut dan tidak banyak feed back positif ke kita.

Membaca atau review perjalanan tokoh- tokoh yang inspiring juga saya suka. Seperti Hitlernya Nazi, Presiden kita yang pertama Bung Karno, Ahli perang tiongkok Tsun Tsu, bahkan tokoh -  tokoh filsafat ekstrem seperti Nieche, Mark dll. 

Kalo menurut salah satu pejuang kita Ki Cokroaminoto, guru dari Bung Karno, saya menemukan kata-kata dari pemikiran beliau yang sangat menarik.


"Percaya kepada TUHAN itu membuat orang OPTIMIS. Ketundukan kepada Tuhan itu membuat manusia KUAT,

karena manusia itu jika mengandalkan dirinya sendiri, dia akan bertemu HAKEKAT dirinya yang LEMAH, 

WHY...? karena manusia hanya bisa mengendalikan PROSES namun tidak menguasai HASIL. 

Kita belajar tidak jaminan pintar, kita kerja tidak jaminan kaya, 

supaya kita Optimis kita butuh kepasrahan kepada Tuhan.

orang yang berjuang dan kehilangan Tuhan pasti gampang putus asa. "



0 comments:

Post a Comment