Saturday, November 10, 2012

Cara Membuat Suling Dangdut

Banyak sekali jenis suling di dunia ini, di Indonesia sendiri saja bisa kita jumpai berbagai jenis suling khususnya suling bambu karena selain bambu juga ada suling tanduk, pipa peralon atau kayu.
Setiap etnis mempunyai khasanah musik yang berbeda-beda, maka tak heran anatar daerah satu dengan daerah lain kita jumpai suling yang berbeda-beda. Ada suling Sunda, Slendro, Pelog, Batak, Bali semuanya mewakili ciri culture masining-masing.

Jenis sulung pun ada yang tegak dan ada yang miring, miring ? wah moga yang memainkan gak ikutan miring ya.  Suling tegak lebih mudah dibunyikan daripada suling miring. Suling miring biasanya dimainkan untuk melengkapimusik dangsut. Suling miring bisa berbunyi lebih komplek atau universal daripada suling miring.
Gimana cara membuatnya, Ini saya share cara pembuatannya dari awal. Karena saya bukan orang orang berbasic musik jadi ini hanyalah cara asal-asalan saja yang penting bisa berbunyi seperti suling pasa umumnya, yaitu diatonis. Ini suling miring/ suling dangdut jadi lubangnya disamping.

1. Mencari Bambu




Kalau memilih bambu, pilihlah bambu yang ukuran diameternya sama antara antara ujung dan pangkal atau hampir sama. Kebetulan di tempat saya gak ada bambu suling, jadi saya cari saja bambu kuning yang biasa buat menghias taman. Bambu ini sangat tipis dan mudah sekali layu atau menyusut bila kering. Maka saya rendam dulu bambunya supaya seratnya rapat.

2. Pemotongan dan melubangi bambu

Setelah direndam selama 1 minggu, saya keringkan dahulu. saya ingin membuat suling diatonis nada E mayor. Semakin  pendek bambu atau semakin  maka semakin tinggi bunyi yang dihasilkan, begitu sebaliknya.
Setelah saya potong sesuai ukuran , bambu siap dilubangi. Jarak antara lubang tiup dan lubang jari paling atas 16 cm maka jarak  antara lubang jari teratas sampai ke bawah juga 16cm. Kita bagi saja, kita beri titik 16 cm dibagi 6.
Setelah sudah diberikan titik, ambil bor kayu atau besi panas atau bisa juga menggunakan solder.
Setelah semua dilubangi tinggal di stem aja..
gimana caranya ??
Biasanya bisa dusesuaikan dengan suara keyboard. Namun karena saya miskin alat musik, saya hanya menggunakan software 4tyloph.  Cari karet bekas sandal jepit. Anda bisa korek-korek sampah atau di gudang atau di sungai... :D
Bentuklah bundar sesuai lubang sulingnya. Tutup bagian atas suling denga karet tersebut. Apabila nada kurang rendah dorong ke atas lagi mendekati lubang paling atas, apabila kurang tinggi dorong mendekati lubang tiup.
Kita buka 4tyloph untuk menyesuaikan nadanya.
Jade deh.. karena insting musik saya pas-pasan , ya saya ambil spekulasi aja kalo itu sesuai,, hehe ^_^
Nah jadi deh tinggal di pernis atau di pliktur biar cantik
Kami tidak menerima jual-beli suling, hanya share aja barangkali berguna buat agan-agan, namun kami menjual berbagai pernak pernik dari bambu.
gazebo, rumah bambu, krey, tudung nasi.
All about bamboo.

Selamat mencoba ^_^

11 comments:

  1. wah bagus petunjuknya jelas ukurannya jelas. kalau buat suling nada A ukurannya bagaimana mas?

    ReplyDelete
  2. sedikit berbagi, untuk menentukan apakah suling nada A,B,C,D,E,F,atau G, mudah, tutup ke enam lubang suling lalu agan tiup dan samakan dengan nada yang ada di organ atau piano bisa juga harmonika

    ReplyDelete
  3. salam kenal mas Muhasan :
    Apabila penjelasan saya diatas kurang ataupun salah mungkin bisa dibenarkan mas, hanya sekedar berbagi ilmu setau saya, karena saya bukan orang berbasic musik jadi
    pakai bahasa yang acak-acakan..
    sebelum bambu dilubangi, coba disamakan dengan keyboard nadanya dengan ditiup tentu lubang tiup dibuat terlebih dahulu.
    apabila kurang tinggi bisa dipotong dulu 1 cm, kurang tingg lagi dipotong 1cm.. sampai ketemu nada A. selamat mencoba :)

    ReplyDelete
  4. Mas sugeng :
    salam kenal juga mas, terimakasih atas masukannya yang sangat berarti :)

    ReplyDelete
  5. itu diameternya berapa ya mas..??
    cos kalo panjang aja yg sama tapi kalo ukuran diameter bambunya beda pasti bunyinya beda juga.....

    ReplyDelete
  6. slm sy dari malaysia sy ingin buat seruling...kalau guna paip pvc boleh kah???

    ReplyDelete
  7. slm sy dari malaysia sy ingin buat seruling...kalau guna paip pvc boleh kah???

    ReplyDelete
  8. kalau pake pipa,pakai pipa 6 dim aja

    ReplyDelete
  9. kalau pake pipa,pakai pipa 6 dim aja

    ReplyDelete
  10. Mas tolong catat kan jarak lobang dan ukuran nya mas

    ReplyDelete
  11. Brapa diameter pada lubang do re mi dst

    ReplyDelete