Sunday, April 1, 2012

Legowo itu kunci untuk hidup sukses dunia dan akhirat

Mungkin Banyak buku yang menjelaskan arti legowo atau bahasa gaulnya istiqomah. Saya mengamati sedikit dari masalah-masalah yang sering saya hadapi, atau orang-orang di sekeliling saya, banyak orang tua jawa bilang " yo seng legowo to le, sabar2ke, ikhlas..".
Untuk menciptakan sikap legowo kita harus sabar,apabila kita sudah legowo maka akan tercipta keikhlasan.

Kita hidup di hidup tak lepas dari masalah dan pasti masalah selalu ada silih berganti. Namanya juga hidup, masalah sudah menjadi kembang kehidupan manusia.

Masalah diciptakan Tuhan untuk menguji Hamba-Nya, seberapa kuat dan tabah hamba tersebut menghadapi masalah. Kedewasaan seseorang bisa dilihat darimana dia
menghadapi masalah. Masalah bagaikan cucian, sudah dicuci pasti ada aja yang kotor. Maka Cucilah pakaian kotor itu jangan sampai menumpuk, Sama halnya

masalah apabila sudah menumpuk memerlukan energi lebih untuk menyelesaikannya.


Seperti isi dari cuplikan serat wedhatama pupuh kedua dan ketiga :
Samangsane pasamuan
Gonyak ganyuk nglilingsemi
Nggugu karsaning priyangga,
Nora nganggo peparah lamun angling,
Lumuh ing ngaran balilu,
Uger guru aleman,
Nanging janma ingkang wus waspadeng semu


di dalam setiap pertemuan
sering bertindak ceroboh memalukan.
Mengikuti kemauan sendiri,
Bila berkata tanpa dipertimbangkan (asal bunyi),
Namun tak mau dianggap bodoh/kalah,
Selalu berharap dipuji-puji/ diperhatikan.
(sebaliknya) Ciri orang yang sudah memahami (ilmu sejati) tak bisa ditebak
berwatak rendah hati,
selalu berprasangka baik.



Raja di keraton Mangkunegaran Solo.
Beliau adalah seorang yang sudah mencapai ilmu kesejatian hidup, mencapai hakikat dan tarikat dalam melakukan sesembahan. Dari beberapa pupuh atau bait
Syair wedhatama, saya mencuplik 10 padha/ baris pada tembang pangkur. Wedhatama adalah gabungan tembang dari pangkur-pucung- sinom- gambuh.Keempat tembang tersebut berkesinambungan sejatinya manusia hidup di dunia ini. Cuplikan diatas secara garis besar mengandung makna sifat legowo.


Banyak orang maunya menang sendiri, tak hanya pejabat-pejabat kita di DPR yang saling adu mulut tapi lihat saja di lingkup hidup kita sendiri, kadang kita gak mau kalah berantem dengan pacar. istri atau suami. Legowo memang susah, mengalah demi suatu kebaikan bersama.

Mohon maaf apabila tulisan ini terkesan ngawur karena ini hanya sebatas pengamatan dan pengetahuan saya.

1 comments:

  1. Sukses tidak bisa diraih hanya satu malam, tapi perlu proses puluhan bahkan ratusan kali, sehingga proses akan terbayarkan dengan kesuksesan. Tetap semangaat! kita semua pasti bisa!

    ReplyDelete